Bimtek Sinkronisasi Anggaran Pemerintah Desa dan kabupaten

Pemerintah Kecamatan Ngawi menyelenggarakan Bimtek sinkronisasi anggaran Pemerintah Desa dan kabupaten di Hotel 88 Embong Malang Surabaya. Bimtek dilaksanakan pada Senin (27/2/23).

Bimtek dibuka Camat Ngawi Eko Yudo Nurcahyo, S.Sos, M.M. dengan tema Sinkronisasi Anggaran Pemerintah Desa dengan Pemerintah Kabupaten.

Acara diikuti pegawai Kecamatan, Kepala Desa serta Kepala Kelurahan ini bertujuan menyelaraskan atau sinkronisasi anggaran agar tak menyalahi aturan mulai dari Undang-undang hingga Perbup.

Dipandu narasumber Setyo Rini, ST. MM Kasubid Penyusunan Perda, Perkada Anggaran Pemerintah Daerah dari Badan Keuangan banyak memberikan penjelasan Perbup nomor 3 tahun 2023 tentang Pengelolaan Keuangan Desa serta membahas tentang aplikasi-aplikasi yang harus diterapkan di Pemerintah Desa seperti SISKEUDES, SIPD, SIBANKEUDES, SRIGATI dan yang lainnya.

Siskeudes adalah aplikasi online sistem keuangan Desa yang diawasi langsung oleh BPKP dan Pemkab Ngawi melalui DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) bertujuan agar perencanaan, penganggaran, penatausahaan dan pelaporan keuangan Desa lebih efektif dan baik.

Sibankeudes adalah system informasi bantuan keuangan desa yaitu aplikasi online yg digunakan untuk pengajuan-pengajuan penyaluran dana dari badan keuangan Kabupaten Ngawi.

Siskeudes dan Sibankeudes adalah aplikasi di bidang keuangan Desa yang sangat membantu Desa agar penyaluran anggaran dan pertanggungjawabannya lebih cepat dan efektif.

Srigati adalah Sistem Informasi Administrasi Desa Terintegrasi. Srigati merupakan teknologi digital yang mencakup seluruh kebutuhan aplikasi di Desa. Fungsinya tidak hanya sebatas sebagai penyimpan data, namun juga bisa dipakai sebagai penyebar informasi sekaligus layanan kepada masyarakat secara digital.