Peningkatan Kapasitas Tim Percepatan Penurunan Stunting Oleh DP3AKB Kabupaten Ngawi

Ngawi, 20 Oktober 2023, Bertempat di “Kurnia Hall” Pelatihan TPPS oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Ngawi terbagi 3 ( Tiga ) gelombang yang mana untuk gelombang 1 ( Satu ) telah dilaksanakan pada bulan Agustus 2023.

Gelombang 2 ( Dua ) yang hadir dari Kelurahan Ketanggi, Desa Kerek, Desa Banyuurip, Desa Karangtengah Prandon, dan Desa Kartoharjo.

Gelombang 3 ( Tiga ) yaitu pada hari jum’at, 20 Oktober 2023, yang dihadirkan Kelurahan Karangtengah, Desa Mangunharjo, Desa Kandangan, Desa Karangasri, dan Desa Watualang.

Unsur yang diundang tiap Desa/Kelurahan terdiri dari Kepala Desa/Kakel, Ketua TP PKK Desa/Kelurahan, Bidan Desa dan Kader KB. Dengan Materi Pelatihan, “Sosialisasi Perpres No. 72 Tahun 2021, Tentang Percepatan Penurunan Stunting.

Pengertian Stunting

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang yang ditandai dengan tinggi badan anak lebih rendah dari standar usianya.

Penyebab Stunting

Stunting disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu:

  • Faktor gizi, yaitu kekurangan asupan gizi makro (protein, karbohidrat, lemak) dan mikro (vitamin dan mineral) terutama pada 1.000 hari pertama kehidupan (HPK).
  • Faktor kesehatan, yaitu infeksi berulang, seperti diare, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), dan malaria.
  • Faktor lingkungan, seperti kemiskinan, sanitasi yang buruk, dan kurangnya akses air bersih.

Dampak Stunting

Stunting dapat berdampak negatif pada kesehatan, pertumbuhan, dan perkembangan anak, baik secara fisik maupun mental. Dampak stunting antara lain:

  • Penurunan fungsi otak, yang dapat menyebabkan gangguan kognitif, seperti kesulitan belajar, daya ingat yang buruk, dan menurunnya prestasi akademis.
  • Risiko penyakit kronis, seperti diabetes, jantung, dan stroke.
  • Penurunan produktivitas, yang dapat berdampak pada perekonomian negara.

Pemerintah Kabupaten Ngawi dalam hal ini Kecamatan Ngawi berkomitmen untuk mempercepat penurunan stunting di wilayahnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, kami akan melakukan berbagai upaya, di antaranya:

  • Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan stunting.
  • Menyediakan akses yang mudah bagi ibu hamil dan anak untuk mendapatkan layanan kesehatan dan gizi.
  • Meningkatkan kerja sama antar sektor untuk mendukung upaya pencegahan stunting.

Terpisah : Kami mengajak seluruh warga Kecamatan Ngawi untuk berperan aktif dalam upaya pencegahan stunting. Mari kita bersama-sama memastikan bahwa anak-anak kita tumbuh dan berkembang dengan sehat dan optimal. Semoga dengan bekal pelatihan, para peserta bisa “Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan stunting, menyediakan akses yang mudah bagi ibu hamil dan anak untuk mendapatkan layanan kesehatan dan gizi, dan Meningkatkan kerja sama antar sektor untuk mendukung upaya pencegahan stunting. “Tegas Dodi Aprilasetia, S.Hut. M.Si, Camat Ngawi.

4 Replies to “Peningkatan Kapasitas Tim Percepatan Penurunan Stunting Oleh DP3AKB Kabupaten Ngawi

    1. Matur bapak Joyodikromo sudah singgah di website Kecamatan Ngawi, semua usulan dan masukan kami tampung dan tentunya akan kami lanjutkan ke Dinas Terkait untuk kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Ngawi

  1. Terkait data stunting didesa dan kelurahan kiranya mungkin perlu ada pendataan kembali dari dinas terkait, dikarenakan data yang ada saat ini dimungkinkan juga tidak valid, sehingga ada ketidak samaan antara data desa/kelurahan dengan dinas terkait yang menyebabkan kesimpang siuran/kesalah pemahaman jumlah stunting antara kader desa/kelurahan dengan kepala desa/kelurahan.

    1. Sebelumnya kami ucapkan terimakasih sudah sudi bergabung dengan website Kecamatan Ngawi, Terkait data stunting didesa dan kelurahan kiranya mungkin perlu ada pendataan kembali dari dinas terkait, masukan dan usulan yang sangat bagus buat kesejahteraan warga ngawi, saran juga masukan secepatnya akan kami lanjutkan ke pihak Dinas terkait tentunya agar segera dibetulkan.Sesuai dengan inovasi Kecamatan Ngawi “Bakar Wingko merupakan kependekan dari Berita Kecamatan Rakyat Ngawi Kota. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan informasi melalui website yang dimiliki oleh Kecamatan Ngawi. Hal ini sejalan dengan kebutuhan masyarakat yang semakin tinggi akan akses informasi.

Comments are closed.