Sedekah Bumi Tradisi Bersih Dusun Munggur Desa Mangunharjo Ngawi

Minggu, 6 Agustus 2023.

Tradisi bersih Dusun Munggur dengan tema Sedekah Bumi dan Tari Kontemporer Buang Sengkolo Hama Tikus adalah acara budaya yang diciptakan dan dipraktikkan oleh Masyarakat Dusun Munggur.

Mulai pagi Masyarakat Dusun Munggur berkumpul dan sambil membawa arak-arakan gunungan hasil panen mereka diiringi Grup Drum Band anak-anak SD, Sedekah Bumi adalah untuk menyatakan rasa syukur kepada Tuhan atau alam atas hasil panen yang melimpah, Setelah sampai di Balai Desa disambut lantunan Sholawat dari Grup Hadroh Banjari juga asli santri -santri setempat.

Masyarakat Dusun Munggur juga menyajikan pertunjukan tari kontemporer untuk menghibur dan mengungkapkan ekspresi seni mereka. Tarian ini bisa menggambarkan berbagai aspek kehidupan sehari-hari, keindahan alam, atau mitologi lokal. Tampilan Fragmen Buang Sengkolo Hama Tikus.

Buang Sengkolo Hama Tikus: Sengkolo adalah untuk menyebut hama tikus yang telah mengganggu tanaman padi msyarakat Dusun kami, Kegiatan ini dilakukan untuk mencerminkan usaha masyarakat dalam menjaga hasil pertanian dari serangan hama tikus yang dapat merusak tanaman dan menyebabkan kerugian. ” Terang Karno Sekdes Desa Mangunharjo.