Komunikasi Sosial Dengan Komponen Masyarakat, Moderasi Beragama Dan Tantangan Polarisme Di Indonesia

Ngawi, 17 Oktober 2023 – Camat Ngawi, Dodi Aprilasetia, S.Hut. M.Si, menghadiri Komunikasi Sosial dengan Komponen Masyarakat Koramil 0805/01 Ngawi, Selasa (17/10/2023). Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Koramil 0805/01 Ngawi dengan tema “Moderasi beragama dan tantangan polarisasi di Indonesia”.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Danramil 0805/01 Ngawi, Kapten Inf. Kasi, Kapolsek Ngawi, AKP Suyadi, S.H, perwakilan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan pemuda.

Dalam sambutannya, Camat Ngawi menyampaikan bahwa moderasi beragama merupakan upaya untuk menjaga kerukunan dan toleransi antar umat beragama. Moderasi beragama juga merupakan upaya untuk mencegah terjadinya polarisasi di masyarakat.

“Moderasi beragama merupakan cara pandang, sikap, dan praktik beragama yang adil dan berimbang, yang tidak ekstrem kanan maupun kiri,” kata Dodi Aprilasetia, S.Hut. M.Si

Danramil 0805/01 Ngawi, Kapten Inf. Kasi, menyampaikan bahwa polarisasi di masyarakat merupakan tantangan yang harus dihadapi bersama. Polarisasi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti perbedaan agama, suku, ras, dan golongan.

“Polarisasi dapat menimbulkan konflik dan perpecahan di masyarakat,” kata Kapten Inf. Kasi.

Dalam kegiatan tersebut, para peserta diberikan materi tentang moderasi beragama dan tantangan polarisasi di Indonesia. Materi disampaikan oleh narasumber dari Kodim 0805 Ngawi.

Para peserta juga melakukan diskusi untuk membahas berbagai hal terkait moderasi beragama dan tantangan polarisasi di Indonesia.

Camat Ngawi berharap, kegiatan Komunikasi Sosial dengan Komponen Masyarakat Koramil 0805/01 Ngawi dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang moderasi beragama dan tantangan polarisasi di Indonesia.

“Dengan pemahaman yang baik, masyarakat dapat mencegah terjadinya polarisasi di masyarakat,” kata Dodi Aprilasetia, S.Hut. M.Si.