Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Pengendalian PMK Oleh Dinas Perikanan Dan Peternakan Kabupaten Ngawi

Gedung Kesenian, Ngawi, 24 November 2023

Acara monitoring dan evaluasi kegiatan pengendalian PMK oleh Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Ngawi, bertempat di Gedung Kesenian Kabupaten Ngawi, dihadiri oleh hadir Sekda Kab.Ngawi Drs. Mokh Sodiq Tri Widiyanto M.Si, Kadin Perikanan dan Peternakan Eko Yudho Nurcahyo S.Sos., MM, Kabag Ops Polres Ngawi Kompol Khristanto Widhy Nugraha S.H, Kasdim 0805 Ngawi Mayor Inf Ahmad Harsono S.H, KadinHub yang diwakili Kabid Angkutan Yoga Nugraha Dipo Alam, Kapolsek Jajaran Polres Ngawi, Danramil Jajaran Kodim 0805 Ngawi, Camat Se-Kab. Ngawi, Perwakilan Kepala Desa se-Kab.Ngawi, Perwakilan PPL Dinas Perikan dan Peternakan Kab.Ngawi dan para stakeholder terkait.

Dalam sambutannya, Sekda Kabupaten Ngawi menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah bekerja keras dalam pengendalian PMK di Kabupaten Ngawi. Ia juga menyampaikan harapan agar kegiatan pengendalian PMK di Kabupaten Ngawi dapat terus ditingkatkan sehingga PMK dapat segera dikendalikan.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Ngawi, Eko Yudho Nurcahyo S.Sos., MM, menyampaikan laporan kegiatan pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Ngawi. Laporan tersebut meliputi:

  • Situasi PMK di Kabupaten Ngawi
  • Upaya pengendalian PMK
  • Kendala dalam pengendalian PMK

Berdasarkan laporan tersebut, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengendalian PMK di Kabupaten Ngawi sudah berjalan dengan baik. Namun, masih terdapat beberapa hal yang perlu ditingkatkan, yaitu:

  • Cakupan vaksinasi perlu ditingkatkan, terutama di daerah-daerah yang masih belum tervaksin.
  • Pengawasan lalu lintas hewan ternak perlu diperketat untuk mencegah penyebaran PMK.
  • Sosialisasi kepada masyarakat perlu ditingkatkan agar masyarakat lebih memahami PMK dan cara mencegahnya.

Dengan upaya-upaya tersebut, diharapkan PMK dapat segera dikendalikan dan tidak menimbulkan kerugian yang lebih besar lagi.

Pada kesempatan tersebut, Sekda Kabupaten Ngawi juga memberikan arahan kepada para stakeholder terkait, antara lain:

  • Peningkatan cakupan vaksinasi harus menjadi prioritas utama.
  • Pengawasan lalu lintas hewan ternak harus diperketat.
  • Sosialisasi kepada masyarakat harus terus ditingkatkan.

Sekda Kabupaten Ngawi juga meminta kepada para stakeholder terkait untuk bekerja sama dan bersinergi dalam pengendalian PMK di Kabupaten Ngawi.