Kecamatan Ngawi Gelar GERTAK, Bersih-bersih Dan Berantas Jentik Nyamuk

Ngawi, 3 Maret 2024.

Kecamatan Ngawi mengadakan GERTAK (Gerakan Serentak) melalui kerja bakti bersama di seluruh wilayahnya. Kegiatan ini bertujuan untuk membersihkan dan memperindah lingkungan, sekaligus PJN (Pemberantasan Jentik Nyamuk) atau PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk). Camat Ngawi, Dodi Aprilasetia, S.Hut., memimpin langsung kegiatan ini.

Kerja bakti ini diikuti oleh seluruh warga masyarakat Kecamatan Ngawi, termasuk perangkat desa, kelurahan, TNI, Polri, dan pelajar. Mereka membersihkan sampah, rumput liar, dan saluran air di lingkungan tempat tinggalnya.

Dodi Aprilasetia, S.Hut., mengatakan bahwa GERTAK ini merupakan upaya untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat, dan indah. Selain itu, kegiatan ini juga untuk mencegah penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti.

Dodi Aprilasetia, S.Hut., mengimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk terus menjaga kebersihan lingkungannya. Ia juga mengajak warga untuk melakukan PSN 3M Plus, yaitu menguras, menutup, dan mengubur tempat penampungan air, serta plusnya yaitu membersihkan lingkungan secara rutin.

Kegiatan GERTAK ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan mencegah penyebaran penyakit DBD.